Jumat, 01 Januari 2016

Profil IMANI PROKAMI




IMANI (Islamic Medical Association and Network of Indonesia)
Prokami (Perhimpunan Profesi Kesehatan Muslim Indonesia)



Latar Belakang

Kesehatan merupakan syarat mutlak majunya sebuah bangsa. Karena itu salah satu tolak ukur bangsa yang maju adalah tingkat kesehatan penduduknya. Sehat berarti sejahtera fisik, psikis dan sosial. Sehat akan memunculkan individu-individu yang dinamis, produktif, dan memiliki daya juang tinggi untuk membangun bangsanya. Sebuah hadits mengatakan bahwa seorang mukmin yang kuat lebih disukai dibandingkan muslim yang lemah. Dan yang lebih penting adalah dengan kesehatan yang optimal maka seseorang dapat melakukan ibadahnya dengan optimal pula. Untuk itu peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dari segala sektor sangat dibutuhkan saat ini.

Islam sebagai agama yang Rahmatan lil Alamin memperhatikan aspek tersebut dengan lengkap sehingga mendorong para profesional dibidang kesehatan yang memiliki semangat dan keimanan yang tinggi harus dapat mengimplementasikannya dalam langkah-langkah nyata yang langsung terasa oleh masyarakat

Dalam konteks tersebut, maka konsolidasi potensi para profesi kesehatan muslim secara nasional dalam pemberdayaan kesehatan di Indonesia sangat penting, terlebih Indonesia adalah negara yang jumlah penduduknya terbesar ke-5 di dunia sekaligus negeri muslim terbesar di dunia. Selain itu peran aktif para profesi kesehatan muslim dibidang kesehatan di Indonesia sudah sangat dinantikan baik oleh masyarakat secara umum maupun organisasi dan kelompok-kelompok profesi muslim di skala nasional maupun internasional.

Demikianlah latar belakang didirikannya Perhimpunan Tenaga Profesi Kesehatan Muslim Indonesia ini.

Lahir pada 29 Rajab 1423 H / 6 Oktober 2002 di Pondok Gede, Jakarta. Organisasi ini  bertekad menjadi Perhimpunan Tenaga Profesi Kesehatan Islami yang memberi manfaat terhadap seluruh ummat.

Organisasi ini berusaha menjawab tantangan dunia Kesehatan dan Islam saat ini yang kian kompleks. Organisasi bersifat Non Profit, Independen, dan Organisasi Non Pemerintah. Didedikasikan untuk mengembangkan profesi kesehatan sebagai perwujudan dan tujuan Islam. Menjadikan Pembeda dengan organisasi kesehatan yang telah ada saat ini, sekaligus menjadi Tantangan dalam Berkontribusi di Bidang Kesehatan. Organisasi yang menjadikan dirinya sebagai Rumah bagi seluruh Profesi Kesehatan di Indonesia dan Dunia. Berjuang bersama atas dasar Islam, untuk membangun kesehatan seluruh ummat menjadi lebih baik di era globalisasi yang kian menantang..

Logo Resmi IMANI PROKAMI


Tags :

Page IMANI PROKAMI

Artikel Populer