Minggu, 18 Januari 2015

MUSKERDA PROKAMI KOTA SURABAYA - JAWA TIMUR

Prokami Kota Surabaya menyelenggarakan Musyawarah Kerja Daerah (Muskerda) pada hari Ahad, 18 Januari 2015 bertepatan 27 Rabiul awal 1436 H bertempat di Aula RS Wiyung Sejahtera Surabaya Barat, dengan tema "Revitalisasi dan Konsolidasi Tenaga Kesehatan Muslim untuk Berkontribusi Terhadap Dakwah dan Keummatan". Berbeda dengan Prokami didaerah lain yang masih bergerak dilevel wilayah atau provinsi, Prokami Kota Surabaya sudah menujukkan kelasnya selangkah lebih maju.
Dengan dinakhodai oleh dr. Jojok Santoso, SpPD, tenaga kesehatan muslim Kota Surabaya berkumpul membicarakan program bersama berkaitan pendataan dan pemetaan tenaga kesehatan muslim serta pemantapan perannya dalam pembangunan bidang kesehatan di Kota Surabaya kedepan. Tenaga kesehatan dimaksud terdiri dari para dokter spesialis, dokter umum, apoteker, asisten apoteker, perawat, bidan, analis kesehatan, dan sebagainya.
Diawali dengan sosialisasi hasil Muskerwil Prokami Provinsi Jawa Timur oleh dr Hanang Anugrawan, berkaitan program kerja dari Prokami Jawa Timur serta kebijakan-kebijakan strategis dibidang kesehatan yang harus disikapi oleh Prokami Kota Surabaya, terutama optimalisasi peran tenaga kesehatan muslim Kota Surabaya. Diikuti pemaparan dari Ir. Johari Mustawan, MARS tentang peluang dan tantangan pengembangan klinik dan rumah sakit islam di era BPJS. Klinik pratama dapat menjadi sarana optimalisasi peran tenaga kesehatan muslim, terutama berkaitan dengan upaya preventif dan promotif, sehingga beban upaya kuratif bisa lebih ringan dengan meningkatnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang penyakit dan pola hidup sehat.
Selanjutnya dr. Jojok, SpPD memimpin rekomposisi kepengurusan Prokami Kota Surabaya dan menyusun program kerja 3 tahun mendatang. Prokami Kota Surabaya rencananya akan segera melakukan pendataan dan pemetaan tenaga kesehatan muslim Kota Surabaya, melakukan optimalisasi peran tenaga kesehatan dalam pembangunan Kota Surabaya, terutama dalam upaya preventif dan promotif. Diharapkan secara rutin akan ada sosialisasi tentang penyakit dan pola hidup sehat. Sosialisasi yang dimaksud akan melibatkan simpul-simpul masyarakat termasuk di klinik dan rumah sakit yang ada di Surabaya. (Humas)

Peserta Muskerda Prokami Kota Surabaya

 Pimpinan Musyawarah dr. Jojok Santoso, SpPD

Tags : ,

Page IMANI PROKAMI

Artikel Populer