Selasa, 27 Januari 2015

PROKAMI Live di Radio KBR

Prokami telah dua kali diundang untuk menjadi narasumber mengisi acara di segmen "Klinik" setiap Selasa pagi jam 09.00-10.00 WIB, di radio KBR (Kantor Berita Radio) di Utan Kayu, Jakarta. Radio KBR dapat didengar melalui streaming di www.portalkbr.com atau melalui aplikasi Android di Tune-in. Siaran radio ini direlay oleh lebih 600 radio di seluruh Indonesia.

Selasa, 20 Januari 2015
Topik: Kanker Serviks
Pembicara: Dr Ika Sri Purnamaningsih, SpOG dan Dr Siti Aisyah Ismail
Take home message:
1. Kanker serviks menempati urutan teratas sebagai kanker pembunuh wanita nomer satu (saling balapan dengan kanker payudara). Dan penyebabnya sudah diketahui yaitu karena infeksi virus HPV. Maka seharusnya kanker serviks sangat bisa dicegah.

2. Kunci penanganan utamanya adalah deteksi dini dengan melakukan Pap smear secara rutin, yaitu sekali setiap tahun. Kanker serviks di tahap awal tidak ada gejala, sehingga pasien baru datang ke dokter setelah ada keluhan, yang artinya sudah di stadium lanjut. Jika dideteksi dini atau bahkan dapat dideteksi pada lesi pra kanker, penanganan dapat dilakukan sehingga dapat memberikan kesembuhan total.
3. Vaksin utk mencegah infeksi virus HPV sudah tersedia meskipun belum disubsidi pemerintah. Silahkan mulai divaksin anak-anak kita yang berusia 12 tahun ke atas.
4. Hindari prilaku berisiko seperti berhubungan seks di luar nikah, menjadi sexually active di usia muda, berganti-ganti pasangan seks dan merokok. Semua ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks.

Dr Ika dan Dr Aisyah di lobby KBR

Bersama penyiar di studio KBR




Selasa, 27 Januari 2015
Topik: "Masuk Angin"
Pembicara: Dr Ika Fitriana, SpPD
Take home message:
1. "Masuk angin" merupakan istilah yang tidak ada padanannya dalam bahasa kedokteran. Gejala-gejala yang dialami sangat bervariasi dari yang ringan sampai berat, mengikut individu. Terkadang juga bisa timbul akibat sugesti tertentu.
2. Ia bisa merupakan petanda bahwa tubuh membutuhkan perhatian. Kuncinya kita harus mengamalkan pola makan dan gaya hidup yang sehat . Tubuh kita juga membutuhkan istirahat yang cukup.
3. Namun bila gejala yang dialami memberat, konsultasikan ke dokter, karena mungkin saja ia bukan "masuk angin" biasa.

Dr Ika bicara santai dengan crew KBR 

Dr Ika live di studio



Tags :

Page IMANI PROKAMI

Artikel Populer