Senin, 14 Maret 2016

Talkshow Interaktif "Waspada Kanker"


Yayasan Fitrah Insani Sejahtera (YFIS) bekerjasama dengan Perhimpunan Profesi Kesehatan Muslim Indonesia (PROKAMI) Bogor Raya mengadakan acara Talkshow "Waspada Kanker" pada hari Sabtu, 12 Maret 2016, pkl. 08.00-12.00 bertempat di Gedung PUSDAI Kompleks PEMDA Kab. Bogor.

Pada saat sambutan, Ketua Panitia, Ujang Kun Kristiawan, menyampaikan bahwa acara ini diadakan berangkat dari keprihatinan dengan semakin banyaknya penderita Kanker di masyarakat, terutama di kalangan wanita. Sementara itu, pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang Kanker masih harus terus diupdate dan ditingkatkan kembali.

Acara Talkshow diikuti dengan antusias oleh 100 peserta yang terdiri dari masyarakat umum di Kabupaten Bogor, dan juga yang menyempatkan datang dari Depok. Peserta talkshow bukan hanya dihadiri oleh kaum wanita secara massif namun jg dihadiri oleh beberapa orang dari Bapak-bapak.





Selain dari individu, acara Talkshow ini juga dihadiri oleh tamu undangan dari Lembaga dan Organisasi Masyarakat (Ormas) seperti MUI Kabupaten Bogor, Aisyiyah Kab. Bogor, Aisyiyah Kab Bogor, PD Salimah Kab Bogor, PC Salimah Kec Cibinong, Yayasan Harum, serta juga dari Partai Politik yaitu Ketua CADA 1 Kab Bogor dan Ketua DPC PKS Cibinong.

Talkshow "Waspada Kanker" ini disi oleh pembicara secara lugas dan gamblang sbb :
- dr. Farida Briani Sobri, SpB(K) Onk, seorang Ahli Bedah Onkologi dengan penyampaian Pengenalan Kanker dan Penanganannya

- dr. Yessi Desputri, MKKK, Kasie Surveilans dan Imunisasi, Dinas Kesehatan Kab Bogor terkait dengan Kebijakan Pemda dalam Penanganan Kanker. Dimana saat ini di Kabupaten Bogor baru ada 1 Puskesmas yang melayani IVA tes dan masih minimnya data terkait penderita kanker di Kab Bogor.

- Bp. Wasto Sumarno, S.Hut, Ketua Komisi 4 DPRD Kab. Bogor yang membawahi urusan terkait kesehatan dengan pemaparan ttg peran legislatif dalam mengawasi pelaksanaan kebijakan kesehatan oleh Pemerintah Daerah, serta mengkritisi minimnya data ttg penderita kanker serta layanan Pemda kepada masyarakat penderita kanker. Dan Pak Wasto juga sangat mengapresiasi kepada Panitia atas terselenggaranya acara Talkshow Kanker ini sebagai bagian sosialisasi terkait Kanker dan mengangkat isu tentang Kanker yang menjadi fenomena gunung es di Kab. Bogor.

Selain itu, dalam Keynote Speech yang disampaikan oleh Tokoh Ulama yaitu KH Ust. Agus Salim, Lc dalam paparannya menyatakan dukungan atas kegiatan Talkshow terkait Kanker ini sebagai bagian dari proses pembelajaran dan sharing pengetahuan terkait minimnya pemahaman tentang Kanker dan menganjurkan agar lebih baik mencegah dari sedini mungkin dari pada mengobati dan menjalan pola hidup, pola makan yang Sehat sesuai tuntunan Nabi. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi beliau dimana Ibunda dan Ibu Mertua wafat dengan penyebab kanker.

Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisa kuesioner (Pre dan Post acara) yang diberikan oleh peserta Talkshow sbb :
1. Peserta memberikan apresiasi dan merasakan manfaat dengan dilaksanakanannya acara Talkshow mengenai Kanker

2. Peserta berharap agar acara serupa diselenggarakan kembali dengan topik pembahasan yang lain

3. Agar acara-acara seperti ini dapat dilaksanakan dalam lingkup yang luas (sampai tingkat pedesaan)

4. Munculnya kesadaran peserta untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker, menerapkan pola hidup sehat serta munculnya semangat untuk berbagi ilmu yang didapat kepada rekan yang lain yang belum memahami tentang kanker dan penanganannya.


Semoga Allah SWT menerima segala amal kebajikan para panitia yang mengadakan kegiatan ini semata untuk kemaslahatan ummat. (drSitiAisyah)
Tags : ,

Page IMANI PROKAMI

Artikel Populer